Jumat, 07 Februari 2014

Onigiri

 Onigiri

          Onigiri adalah salah satu makanan Jepang yang sangat terkenal. Makanan ini terkenal karena kepraktisannya dan mengenyangkan. Ternyata onigiri sudah ada sejak jaman dahulu yaitu sblm penggunaan sumpit di Jepang menyebar dan saat itu onigiri yang bernama tonjiki menjadi bekal makan siang para samurai yang pergi berperang. Pada jaman tersebut, onigiri belum menggunakan nori sampai pada era Genroku masyarakat mulai usaha peternakan nori dan nori lembaran menjadi terkenal. Seiring berkembangnya jaman, onigiri menjadi banyak variasi rasa dan bentuk. Ada tuna mayonnaise, salmon, umeboshi, okaka, mentaiko, konbu, dll. Selain itu shape utama yang sering kita lihat adalah segitiga, tawara, bulat, dan bundar. Penggunaan nori pada onigiri digabungkan agar onigiri yang kita makan tidak lengket di tangan saat dikonsumsi dan nori menjadi pembungkus yang bisa dimakan. 
Banyak yang mengira onigiri dan sushi sama namun sebenarnya tidak.. Bedanya,

Perbedaan Onigiri dengan Sushi :

   

→ Nasi yang digunakan pada onigiri hanyamenggunakan garam sajasedangkan untuk sushidicampur dengan vinegar, guladan garam.

→ Onigiri dibuat dengan cara dikepal, sushi dengancara digulung.


Onigiri sudah termasuk dalam kebudayaan Jepang karena orang Jepang menyukai kepraktisan dan banyak dari mereka membawa onigiri sbagai teman aktivitas mereka karena onigiri mengenyangkan perut dan sangat mudah untuk dikonsumsi



Tidak ada komentar:

Posting Komentar